Rabu, 03 November 2010

Tugas Rangkuman ISD

RANGKUMAN
                                                     
BAB 1 ( ilmu sosial dasar sebagai salah satu mata kuliah dasar umum )

Ø  Pendidikan Tinggi d harapkan dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai seperangkat kemampuan yang terdiri atas :
1.        Kemampuan akademik
2.       Kemampuan profesi
3.       Kemampuan pribadi
Ø  Secara spesifik kemampuan pribdi yang hendak  di capai melalui MKDU bertujuan menhhasilkan warga negara Sarjana yang berkualifikasi sebagai berikut :
1.       Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.       Berjiwa Pancasila
3.       Memiliki wawasan Sejarah Perjuangan Bangsa
4.       Memiliki wawasan kompheratif
5.       Memiliki wawasan budaya yang luas tentang kehidupan bermasyarakat
Ø  Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelah masalah-masalah sosial .
Ø  Tujuan Ilmu Sosial Dasar adalah sebagai berikut :
1.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial
2.       Peka terhadap masalah-masalah sosial
3.       Menyadari bahwa setiap masalah yang tibul bersifat kompleks
4.       Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan
Ø  Persamaan dan perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial , antara lain :
 Persamaan
1.       Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
2.       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
Pebedaan
1.       ISD satu merupakan mata kuliah tunggal , IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran
2.       ISD di arahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian , IPS  di arahkan kepada pembentukan pengetahuan intelektual








BAB 2 ( PENDUDUK MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN )

Ø  Pertumbuhan penduduk yang makin cepat, mendorong pertumbuhan aspek-aspek kehidupan yang meliputi aspek sosial, ekonomi, polotik, kebudayaan , dll.
Ø  Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang penting dalam masalah sosial ekonomi umumnya dan masalah penduduk khususnya . Di samping itu, apabila pertumbuhan penduduk tidak dapat d imbangi dengan pertambahan fafsitilas di atas akan menimbulkan masalah-masalah . Misalnya : akan bertambah tingginya pengangguran, semakin meningkatnya tingkat kemiskinan, kejahatan dan kriminalitas , dll .
Ø  Di dalam pengukuran demografi di ukur dengan tingkat/rase . Biasanya perbandingan ini di nyatakan dalam tiap 1000 penduduk, yaitu :
1.       Kematian
2.       Fertilitas
3.       Makin tua umur wanita tidaklah bearti
4.       Dalam pengukuran fertilitas akan melibatkan satu orang saja
Ø  Aspek dinamis kehidupan kelompok dalam ruang ialah gerakan penduduk yang d namai migrasi . Selain migrasi ada istilah lain tentang dinamika penduduk yaitu mobilitas . Mobilitas lebih luas daripada migrasi .
Ø  Akibat migrasi : Urbanisasi ( migrasi dari desa k kota ), Migrasi interegional, Migrasi antar negara
Ø  Upaya menelusuri sejarah peradaban bangsa Indonesia, mulai dari zaman batu sampai zaman logam, sunggu akan berliku-liku, memerlukan waktu pembahasan yang panjang .
Ø  Zaman batu terbagi menjadi 2, yaitu :
1.       Zaman batu tua ( Palaeolithikum )
2.       Zaman batu muda ( Neolithikum )
Ø  Hindu yang berasal dari India itu berlangsung luwes dan mantap . Pada abad k-5, ajaran Budha atau Budhisme masuk ke Indonesia . Agama/ajaran Budha dapat di katakan berpandangan lebih maju daripada Hinduisme . Walaupun demikian, kedua agama itu di Indonesia . Khususnya di Pulau Jawa tumbuh dan berkembang berdampingan secara damai .
Ø  Hal ini di sebabkan karena Islam di masikkan ke Indonesia tidak dengan secara paksa, melainkan dengan cara baik-baik .
Ø  Agama Islam berkembang pesat di Indonesia dan menjadi agama yang mendapat penganut sebagian terbesar penduduk Indonesia .
Ø  Unsurkebudayaan yang juga memberi warna terhadap corak lain dari kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia adalah kebudayaan Barat .  Awal kebudayaan Barat masuk ke negara Indonesia ketika kaum kolonialis/penjajah mengedor masuk ke Indonesia, terutama Bangsa Belanda .
Ø  Berbagai penelitian Antropologi Budaya menunjukan bahwa terdapat korelasi di antara corak-corak kebudayaan dengan corak-corak kepribadian anggota-anggota masyarakat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar